Agar Kami dapat membantu Anda dengan lebih baik, silakan hubungi kami lewat WhatsApp. Klik Disini

Patung Prajnaparamita karya sempurna nenek moyang bangsa Indonesia

Patung Indonesia | Jasa Pembuat Patung Indonesia | Patung Semen GRC | Patung Fiberglass | Patung Resin | Pembuat Ornamen,Pilar,Kubah,
Betapa tidak banggga kita melihat karya patung leluhur kita bangsa indonesia. Patung Prajnaparamita dipahat dari Batu granit Berhomogen Emas murni, dimana pahatan patungnya begitu Plastis (sempurna di atas sempurna). Patung Prajnaparamita adalah merupakan Master piece patung pahat dunia berasal dari indonesia.

Sejarah Patung Prajnaparamita karya sempurna bangsa Indonesia

image Patung Prajnaparamita

Bodhisattvadevi (perempuan bodhisattwa) Prajnaparamita Dewi Buddha kebijaksanaan transendental, dipersonifikasikan di karya seni arca Singhasari Jawa Timur dari abad ke-13 . Patung ini ditemukan di Cungkup Putri di dekat reruntuhan candi Singhasari, Jawa Timur indonesia. Menurut kepercayaan masyarakat lokal, patung Prajnaparamita  dibuat dengan rupa Ken Dedes.

Patung Prajnaparamita pertama kali ditemukan oleh Monnereau D tahun 1818 atau 1819 saat masa penjajahan kolonial Belanda di indonesia. Pada tahun1820 Monnereau membawa patung tersebut ke C.G.C. Reinwardt Belanda dan menyimpan patung tersebut di Rijksmuseum voor Volkenkunde di Leiden.

Prajnaparamita adalah dewi tinggi berdiri di Tantra Buddhisme Mahayana. Dia dianggap sakti, atau Permaisuri, Sang Buddha yang tertinggi (dalam panteon agama Buddha dikenal sebagai vajradhara), ia melambangkan pengetahuan sempurna. Sama seperti Seperti dengan banyak patung-patung dari Jawa Timur, patung  Prajnaparamita dibuat sebagai "patung potret" Rajapatni Gayatri Ratu, istri raja Kertarajasa (pertama raja dari Kerajaan Majapahit), Hayam Wuruk.

Pada Januari 1978, oleh Presiden Soekarno patung Prajnaparamita dibawa kembali dari Museum Nasional Etnologi Rijksmuseum voor Volkenkunde kembali ke Indonesia, hingga sekarang patung Prajnaparamita tersebut bersemayam  di Museum Nasional Indonesia, berada   di lantai pertama Museum Nasional Indonesia, Jakarta.

Patung Prajnaparamita dipersonalisasi untuk perwujudan sutra dalam bentuk perempuan bodhisattwa. Hal tersebut merupakan penjelmaan dari kata-kata Sang Buddha sebgai lambang penyelesaian tertinggi kebijaksanaan dan pengetahuan. Dalam Sutra hati, itu dikenal sebagai "Ibu dari semua Buddha sepanjang masa. Demikian semoga menambah wawasan Anda .