Agar Kami dapat membantu Anda dengan lebih baik, silakan hubungi kami lewat WhatsApp. Klik Disini

Pembuat Patung Pancoran Tutup Usia

di Kota Roma Italia
Pembuat Patung Pancoran Tutup Usia. Di penghujung tahun 2016 Indonesia kembali kehilangan Seniman pembuat patung. Senin 4 - 01 - 2016 kabar duka datang dari kediaman seniman pembuat patung pancoran tersebut . Bapak Edhie Sunarso meninggal di usia 83 tahun di Rs Jogja International Hospital . 

Jenazah akan di makamkan pada hari selasa 5 januari 2016 pukul 13.00 wib, suasana duka cita tampak di kediaman Almarhum di Desa Ngantri RT.02 RW.07 Mlati Sleman Jogja. Berita Duka Cita meninggalnya Seniman Pembuat Patung pancoran datang dari Akun Facebook Institute Seni Indonesia Jogjakarta .

Kami segenap team pematung K17 Cipta Karya turut berduka Cita yang sedalam - dalamnya atas meninggalnya seniman yang karya-karyanya telah banyak berjasa buat Indonesia seperti karya patung pancoran yang sekarang telah menjadi ikon Jakarta dan Indonesia. 

Innalillahi Wainnalillahi Rojiun Semoga Almarhum di beri tempat yang layak di sisiNYA dan keluarga yang di tinggal mendapatkan ketabahan dan limpahan berkah dari Allah SWT. Amiin.

sumber gambar kompasiana

Biografi Bapak Edhie Sunarso
Bapak Edhie Sunarso lahir di Salatiga Jawa Tengah 2 Juli 1932 .Bapak Edhi Sunarso belajar dan berlatih teknik-teknik pembuatan patung ketika menjadi tawanan perang KNIL di Bandung antara tahun 1946 sampai dengan tahun 1949 . 

Bapak Edhi Sunarso melanjutkan Pendidikanya secara resmi di ASRI Jogjakarta lulus pada tahun 1955 kemudian melanjutkan pendidikanya di Kelabhawa Visva Bharathi University Santiniketan di India, lulus pada tahun 1957. Bapak Edhi Sunarso selain menjadi seorang pematung Beliau juga tercatat sebagai Dosen di Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Karya - karya yang telah di hasilkan Bapak Edhie Sunarso antara lain Monumen Selamat Datang atau patung Bundaran HI di Bundaran Hotel Indonesia , Patung Pembebasan Irian Barat berlokasi di Lapangan Banteng , dan Patung Dirgantara atau di kenal dengan nama Patung Pancoran atau patung tugu pancoran. Ketiga patung tersebut merupakan Karya Anak Bangsa yang patut di hargai dan di lestarikan keberadaanya sebagai simbol sejarah Bangsa Indonesia. 

Selamat jalan Empu Ageng Edhie Sunarso, walau Engkau telah tiada akan tetapi Namamu akan selalu di kenang Bangsa Ini dan semangat karyamu untuk Indonesia akan selalu berkobar untuk generasi penurus selanjutnya.