Agar Kami dapat membantu Anda dengan lebih baik, silakan hubungi kami lewat WhatsApp. Klik Disini

Sejarah patung Bung Karno di Blitar

di Kota Roma Italia
Soekarno, mendengar kata tersebut tentu anda akan berpikiran tentang seorang presiden pertama negara Indonesia. Selain menjabat sebagai kepala negara Soekarno juga dikenal dengan julukannya sebagai Bapak Proklamator. 

Beliau sangat dikenal sebagai sosok yang mempu menyambugkan aspirasi rakyat sehingga tercapailah cita-cita bangsa Indonesia yakni sebuah kemerdekaan bangsa. Kemerdekaan sendiri diartikan sebagai sebuah hadiah hasil dari penjajahan Belanda yang kurang lebih berlangsung setama 3,5 abad atau sekitar 350 tahun. Sosok yang akrab disapa Bung Karno ini telah lahir sejak tanggal 6 Juni 1901 yang bertepatan di kota Surabaya.Perjuangannya untuk bangsa Indonesia sangat besar.

Bung Karno sendiri juga terkenal dengan kegigihan serta keberaniannya dalam menghadapi penjajah Belanda. Bung Karno bersama pasukannya memiliki peran yang sangat besar bagi tanah air Indonesia. Hingga akhirnya tepat pada tangal 21 Juni 1970 beliau dipanggil oleh Sang Maha Kuasa. Jenazah dari Bung Karno sendiri dimakamkan di kota Blitar, Jawa Timur. Nah kejadian inilah yang melatarbelakangi dari sejarah patung Bung Karno du Blitar.

Perlu anda tahu bahwa sampai saat ini makan dari Bung Karno masih dijadikan sebagai tempat untuk ziarah. Sementara itu, untuk mengenang jasa dari presiden pertama Indonesia ini maka di kota Blitar dibandung sebuah museum dan perpustakaan yang lokasinya masih berada dalam satu kawasan dengan makan Bung Karno. Lokasi dari perpustakaan ini adalah tepat berada di sebelah selatan makam Bung Karno yakni berlokasi di Jl. Kalasan, kelurahan Bendogerit, Blitar.

patung Bung Karno di Blitar k17 cipta karya
patung Pak Karno di blitar

Perlu anda tahu bahwa sejarah patung Bung Karno di Blitar dapat anda temukan tepat di bagian antara ruang perpustakaan dan museum. Sejarah perjalanan hidup dari Bung Karno juga dapat anda temukan pada dinding relief yang terdapat di kawasan wisata makan Bung Karno. Relief tersebut menggambarkan kisah perjalanan hidup Bung Karno dari masa muda hingga masa perjuangannya dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Bahkan daam relief juga telah memberikan gambaran mengenai kisah Bung Karno di masa tuanya.

Perpusatakan yang dibangun untuk mengenang jasa Bung Karno tersebut telah diresmikan tepat pada tanggal 3 Juli 2004 oleh satu-satunya presiden wanita di Indonesia, siapa lagi kalau bukan Megawati Soekarno Putri. Selain patung Bung Karno, tiang-tiang besar yang ada dalam halaman perpustakaan berhasil menjadi daya tarik dari pengunjung. Dalam perpustakaan tersebut menyediakan beragam koleksi buku. Namun koleksi buku yang disediakan lebih identik mempelajari sejarah dari Bung Karno.

Selain perpustakaan, dalam kawasan makam Bung Karno juga telah dibangun sebuah museum yang lokasinya berdampingan dengan perpustakaan. Seperti yang anda tahu, museum adalah tempat dimana barang-barang sejarah disimpan. Nah dengan mengunjungi museum ini, maka anda akan mendapatkan informasi menarik mengenai sejarah patung Bung Karno di Blitar.

Sementara itu, sejarah patung Bung Karno di Blitar juga telah menyebutkan bahwa bentuk dari Patung tersebut sedang menunjukkan Bung Karno yang duduk di kursi sambil membawa sebuah buku. Selain patung yang menjadi daya tarik pengunjung, lukisan foto Bung Karno juga menjadi koleksi unggulan dari musem yang satu ini.

Namun perlu Anda tahu bahwa lukisan foto Bung Karno ini ternyata menyimpan sebuah misteri, pasalnya jika anda perhatikan dengan cermat maka pada bagian jantungnya akan berdenyut seperti manusia yang masih hidup. Hal yang demikian itu sampai sekarang masih menjadi sebuah misteri.
Demikian sejarah patung Bung Karno di Blitar. Semoga bermanfaat.