Agar Kami dapat membantu Anda dengan lebih baik, silakan hubungi kami lewat WhatsApp. Klik Disini

Sejarah pembuatan patung marta christina tiahahu maluku

Sejarah Pembuatan Patung Marta Cristina Tiahahu Maluku. Bangunan patung Martha Christina Tiahahu merupakan salah satu peninggalan sejarah yang sekaligus menjadi bukti jika di daerah Maluku terdapat seorang wanita yang sangat berani dalam membela tanah air Indonesia. Letak dari Patung Martha Christina Tiahahu berada di Karang Panjang, atau lebih tepatnya di daerah bukit yang letaknya di Kota Ambon. 

Letak dari patung Marta Christina Tiahahu bersebelahan dengan kantor DPRD Maluku. Jika berada pada lokasi ini, maka Anda akan dapat melihat sekaligus menikmati pemandangan kota Ambon yang sangat indah dan spektakuler. Bahkan tak jarang lokasi dari patung ini menjadi altenatif pilihan untuk bisa menikmati suasana pantai yang sangat indah. 

Sejarah pembuatan patung marta christina tiahahu maluku
gambar Patung Martha Christina

Sejarah pembuatan patung Martha Christina Tiahuhu sendiri telah menyebutkan bahwa tampilan dari patungnya adalah beliau sambil membawa tombak.Hal tersebut sangat berlainan pada kejadian saat dirinya tengah mengikuti pertempuran melawan pasukan Belanda.Beliau tidak menggunakan tombak sebagai senjatanya, melainkan menggunakan batu sebagai senjata utamanya. Keberaniannya yang hanya menggunakan senjata batu inilah yang menjadikan masyarakat Maluku menjulukinya sebagai wanita kabaressi atau wanita yang berani.

Selain diabadikan sebagai patung, nama Martha Christina Tiahahu juga dijadikan sebagai salah satu nama jalan yang ada di Maluku. Jika dilihat dari segi sejarah pembuatan patung Martha Christina Tiahahu, pada bagian dasar patungnya terdapat sebuah tulisan yaitu Martha C.Tijahahu, mutiara Nusa Laut, Pahlawan Nasional Indonesia yang tela berjuang dalam mengusir penjajah Belanda dari Maluku, yang telah gugur tepat pada tanggal 2 Januari 1818.

Sejarah pembuatan patung Martha Christina Tiahahu juga menyebutkan bahwa Martha adalah sosok perempuan yang terkenal dengan wataknya yang pemberani serta memiliki kemauan yang keras. Salah satu bukti dari wataknya yang bersikap keras adalah dengan melakukan aksi mogok makan, yang akibatnya adalah Martha jatuh sakit.

Akhirnya sosok pahlawan perempuan yang pemberani ini meninggal dunia pada tanggal 2 Januari 1818 saat dirinya sedang berada di atas kapal perang milik Belanda yaitu Eversten yang akan membawanya ke pulau Jawa untuk diasingkan. Demikian tentang sejarah pembuatan patung Martha Christina Tiahahu Maluku.