Agar Kami dapat membantu Anda dengan lebih baik, silakan hubungi kami lewat WhatsApp. Klik Disini

Patung-patung bersejarah di Surabaya

Patung-patung bersejarah di Surabaya. Kota Surabaya merupakan salah satu kota di Indonesia yang identik dengan julukannya sebagai kota pahlawan. Dikenal sebagai kota pahlawan karena dulunya di Surabaya banyak pahlawan yang gugur melawan para penjajah. Para pejuang kemerdekaan ini biasa disebut dengan pahlawan tanpa tanda jasa, karena mereka rela mengobarkan nyawa hanya demi membela tanah air Indonesia ini. Tak hanya itu, para pahlawan juga telah berjuang dengan ikhlas dan sepenuh hati tanpa mengharap adanya pamrih. Oleh karena itu para generasi muda wajib untuk menghargai pengorbanan dan tanda jasa dari para pahlawan yang telah gugur.

Sekarang ini sudah banyak dibangun patung-patung bersejarah di Surabaya. Hal tersebut merupakan salah satu wujud dari mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur. Dengan begitu, para generasi muda akan dapat dengan mudah mengenali sekaligus menghargai jasa dari pahlawan yang telah rela berjuang mati-matian dalam membela tanah air Indonesia.

Patung-patung bersejarah di Surabaya

1.Patung WR Supratman

patung bersejarah surabaya

Patung WR Supratman merupakan salah satu bangunan patung-patung bersejarah di Surabaya. Nama lengkap dari pahlawan yang dijadikan patung ini adalah Wage Rudolf Supratman yang lahir tepat pada tanggal 9 Maret 1903. Sementara itu, beliau meninggal pada tanggal 17 Agustus 1938 yang bertepatan di kota Surabaya. Beliau adalah salah seorang pahlawan Indonesia yang telah berhasil menciptakan lagu kebangsaan Indonesia yang berjudul “Indonesia Raya”.


Lokasi dari patung WR Supratman ini adalah berada di jalan Kenjeran,Surabaya Timur atau lebih tepatnya berada di dekat makamnya sendiri. Patung WR Supratman ini terlihat sedang memainkan salah satu alat musik yakni biola. Sementara itu, pada bagian latara terdapat sebuah tembok yang bertuliskan teks lagu Indonesia Raya yang ditulis dengan ejaan lama. Tujuan utama dari pembangunan patung WR Supratman ini adalah untuk menunjukkan kepada generasi muda bahwa dulunya Indonesia memiliki seorang maestro yang hebat.

2.Patung Sura dan Buaya


Bangunan patung-patung bersejarah di Surabaya sudah sangat banyak, dan salah satu dari patung bersejarah yang sangat terkenal dan populer di Surabaya adalah patung Sura dan Buaya. Tahukah anda bahwa patung bersejarah ini merupakan sebuah lambang dari kota Surabaya. Lokasinya berada di bagian depan Kebun Binatang Surabaya

Sesuai dengan namanya, patung ini tentu terdiri dari dua jenis hewan yang juga menjadi inspirasi dari nama kota Surabaya ini. Hewan tersebut adalah sura atau ikan hiu dan buaya. Perlu Anda tahu bahwa pengambilan kedua jenis hewan ini berasal dari sebuah legenda cerita rakyat yang menceritakan asal usul kota Surabaya.

3.Patung Komodor Yos Sudarso

pembuatan patung yos sudarso

Patung Komodor Yos Sudarso. Patung yang satu ini merupakan salah satu dari sekian banyak bangunan patung-patung bersejarah di Surabaya. Patung Komodor Yos Sudarso merupakan sebuah patung yang sedang berposisi siap serta berdiri dengan gagah. Lokasi dari patung bersejarah ini adalah di Jalan Rajawali, Surabaya Utara.

Tujuan dari pembangunan patung Komodor Yos Sudarso ini adalah agar para generasi mudah dapat mengenang jasa dari seorang pahlawan yang telah berjuang gigih membela tanah air Indonesia ini.Kegigihan dari Komodor Yos Sudarso sangat jelas terlihat pada saat pertempuran di Laut Arafuru. 

Sementara itu bukti dari kegigihan Komodor Yos Sudarso telah tertulis pada bagian bawah patung yang menujukkan sebuah tulisan “Kobarkan Semagat Pertempuran”. Demikian semoga artiket tentang Patung - patung bersejarah di Surabaya bermanfaat.