Agar Kami dapat membantu Anda dengan lebih baik, silakan hubungi kami lewat WhatsApp. Klik Disini

Sejarah pembuatan patung relief - Patung Indonesia Pembuat Patung

Patung Indonesia | Jasa Pembuat Patung Indonesia | Patung Semen GRC | Patung Fiberglass | Patung Resin | Pembuat Ornamen,Pilar,Kubah,
Jasa Pembuatan Patung Relief - Patung Indonesia Pembuat Patung. Patung merupakan salah satu peninggalan sejarah yang umurnya sudah belasan bahkan ratusan tahun. Patung sendiri juga dibuat dalam beragam jenis, diantraranya mulai dari patung tanah liat hingga patung relief. 

Mendengar kata patung relief, tentu anda akan bertanya-tanya mengenai sejarah patung relief. Tentu jika berbicara mengenai sejarah, maka akan diulas secara panjang, mengingat sejarah merupakan salah satu proses dari penemuan sampai terbentuknya suatu karya.

Relief  Miniatur bangunan merupakan salah satu wujud atau bentuk dari seni patung. Sementara itu definisi dari patung relief adalah sebuah patung yang fungsinya adalah sebagai hiasan dinding, memperindah bagian jendela, penyekat ruang. Atau dalam arti lain dapat dikatakan jika patung relief merupakan salah satu jenis patung yang hanya dapat dinikmati melalui satu sudut pandang.

Sejarah pembuatan patung relief

Cara pembuatan patung relief adalah dengan cara memahat. Memahat sendiri sangat diperlukan keahlian khusus, sehingga kegiatan ini tidak bisa dilakukan oleh siapapun, melainkan hanya yang ahli pahat saja. Selain dipahat dalam perkembanganya patung relief juga bisa dibuat dengan tekhnik dicetak dari bahan grc, fiberglas,tembaga dan perunggu.

Jika Anda berencana membuat patung relief jangan ragu untuk menghubungi K17 Cipta Karya jasa pembuat patung dan penjual patung yang berpengalaman dibidangnya.

Sejarah pembuatan patung relief bermula dari adat Jawa kuno. Pada dulunya adat Jawa ini memiliki sebuah cerita sejarah yang panjang mengenai batu atau patung relief ini. Singkat cerita, patung relief dulu dibuat guna menceritakan ajaran Budha kepada masyarakat Indonesia. 

Patung relief sendiri sangat identik dengan keberadaan agama Budha di Indonesia. Hal tersebut dapat dibuktikan saat anda mengunjungi Candi Borobudur, maka di bagian dinding candi akan banyak ditemukan sebuah patung relief yang menggambarkan sebuah kisah sekaligus ajaran dari agama Budha.

Tak hanya di Candi Borobudur. Anda juga dapat menemukan patung relief di bagian dinding Candi Prambanan yang merupakan salah satu peninggalan dari kerjaaan Hindu. Candi Prambanan sendiri telah dipenuhi oleh banyak patung yang dianggap sebagai simbol dari agama Hindu. 

Tak hanya itu, jika anda lihat pada bagian putaran candi, maka akan banyak ditemukan hiasan patung relief Ramayana.Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah dari sejarah pembuatan patung relief ini juga menyimpan pesan moral yang tinggi. Hal tersebut tampak jelas dari tonjolan segi estetis yang ada di bagian patung. Demikian semoga artikel Sejarah pembuatan patung relief tersebut bermanfaat.